Jalan Mama

1“Jalan mama”, entah mengapa disebut demikian?, adalah salah satu titik diantara ruas jalan penghubung Gimpu – Peana. Jalan Mama tidaklah begitu panjang, mungkin hanya 500m, tapi reputasinya luar biasa. Karena medannya sangat sulit di lalui. jalur sempit, diapit tebing dan jurang, dengan permukaan jalan yang licin dan sangat terjal. kemiringan jalur ini mencapai 45 -50 derajat sepanjang 500 m.3

di musim penghujan, kondisi jalan jauh lebih parah. jalan ini bisa dilalui hingga berjam-jam, tergantung berapa banyak rombongan motor yang melewatinya, akan lebih mudah dilewati ketika berombongan, karena sesama ojek motor saling bahu – membahu meloloskan motor mereka untuk keluar dari jalur ini.

 

Menurut beberapa masyarakat pipikoro, penamaan “mama” diberikan karena disaat melewati jalur ini membuat jantung berdebar-debar dan selalu mengingat mama, bahkan pernah ada pengguna jalan teriak memanggil “mama”, saking ngeri dan betapa sulit serta berbahaya jalur ini.

2Jalan mama merupakan salah satu dari sekian banyak jalan yang harus dilewati ketika menuju wilayah Dataran Tinggi Pipikoro.

Bagi Para pengendara Motor/ojek motor Pipikoro, Skill saja tidaklah cukup…, dibutuhkan nyali yang besar untuk dapat melewati semua jalan……(Florensius, KARSA INSTITUTE)

Leave a Reply

Your email address will not be published.